TUGAS 3 “
Success Story ”
Softskill
Kewirausahaan
Nama
Anggota:
Adella
Putri W
Anisa Dewi
S
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2018
Ulasan mengenai Sebuah
Perusahaan
Bio
Perusahaan
Ø Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama Perusahaan :
Olive Takoyaki
Tanggal berdiri : 29 Maret 2018
Alamat Perusahaan : Jln.
KH Noer Ali, Kalimalang, Bekasi.
Jenis Perusahaan
: Home Industry
Jumlah Karyawan : 2 orang
Produk : Makanan
No. Telepon : 021 88321709
Ø Riwayat
Perusahaan
Olive Takoyaki
adalah sebuah perusahaan kecil (Home Industry) yang bergerak dalam bidang
pengolahan makanan khas Jepang yang dibentuk pada 29 Maret 2018, usaha ini
telah berjalan selama 7 bulan.
Ø Visi dan
Misi Perusahaan
Visi:
Menjadi
perusahaan penyedia jasa makanan yang halal, enak dan bermutu.
Misi:
-
Mengutamakan kualitas
produk.
-
Memberikan
pelayanan terbaik.
-
Menjaga
kebersihan tempat dan makanan.
Latar
Belakang Usaha
Takoyaki adalah nama makanan asal daerah kansai di
jepang, berbentuk
bola-bola kecil dengan diameter 3-5cm yang dibuat dari adonan tepung terigu di
isi potongan gurita didalamnya.
Proses bisnis usaha makanan ini membutuhkan
keyakinan dan kerja keras. Contoh halnya seperti pemilik usaha Pak Yatno. Berawal
dari iseng untuk menjalankan bisnis menjual takoyaki dikarenakan Pak Yatno memilih untuk pensiun
ditempat kerjanya. Beliau ingin mempunyai bisnis kecil kecil an untuk pegangan
dimasa tuanya, berhubung
beliau memiliki keponakan yang membuka usaha juga di Kantin Universitas
Gunadarma. Keponakan beliau menyampaikan bahwa ada booth yang menjual
"takoyaki" tetapi tidak ingin diteruskan lagi karena tidak sempat
memegangnya/menjalankannya. Setelah itu beliau tertarik untuk mencoba bisnis
menjual "takoyaki" tersebut. Beliau berniat untuk membeli sebuah booth dari penjual
takoyaki yang ingin mengakhiri penjualannya itu, sampai akhirnya
bernegosiasi untuk membelinya.
Pak Yatno merasa keberatan
dengan harga yang ditetapkan oleh penjual takoyaki sebelumnya,sampai akhirnya Pak Yatno memutuskan untuk
membuat booth takoyaki sendiri menggunakan bahan dan alat dari Material yang telah Pak Yatno persiapkan.
Setelah sudah selesai semua yang telah beliau persiapkan, masih terlintas dipikiran beliau untuk
bagaimana cara membuat tayoyaki? Beliau masih tidak tau dan bahkan tidak
mengerti apa itu "takoyaki". Sampai akhirnya beliau memutuskan untuk
mencoba tester setiap takoyaki yang dijual dikaki lima ataupun yang dijual di
Mall, agar
beliau bisa membedakan rasa yang enak untuk disajikan di booth takoyaki beliau
nantinya. Sampai akhirnya beliau berani untuk berjualan takoyaki tanpa memikirkan akan untung atau
rugi yang akan beliau dapatkan,
beliau
hanya memikirkan
bagaimana jikalau masa tuanya tidak hanya makan tidur dirumah tetapi juga
beraktifitas kesana kemari dengan cara berjualan takoyaki tersebut.
Kurang lebih usaha takoyaki yang telah beliau jalani
berawal dari bulan maret akhir sampai sekarang masih berjalan dengan
semestinya, dan
usaha takoyaki beliaupun tak pernah sepi pembeli. Walaupun tak pernah
sepenuhnya habis, tetapi
beliau tetap menjual takoyaki dengan kualitas yang bisa dibilang hampir sama
dengan yang dijual di Mall
Swalayan. Dan beliau pun juga menjual banyak variasi takoyaki mulai dari isi
sosis, gurita, kepiting dengan topping
ikan cakalang kualitas Grade A.
Keadaan
Usaha dan Pesaing
Untuk
usaha yang telah
beliau jalani, alhamdulillah
mendapat omset yang cukup banyak. Dan
juga, di lingkungan tempat beliau menjalankan
usaha tidak terdapat pesaing yang menjual produk takoyaki.
Rencana
Pengembangan Usaha
Pastinya
beliau tetap memfokuskan cita rasa yang tetap enak dilidah masyarakat.
Lampiran


Tidak ada komentar:
Posting Komentar