Selasa, 10 Oktober 2017

Makalah Peng. Aplikasi Komputer A (Komponen Utama dan Bentuk Arsitektur Komputer)

TUGAS 1
MAKALAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER A
MATERI: KOMPONEN UTAMA DAN BENTUK ARSITEKTUR KOMPUTER



NPM: 30217785
NAMA: ANISA DEWI S
KELAS: 1DD02
UNIVERSITAS GUNADARMA
6 OKTOBER 2017

Komponen Utama Komputer

A.    PERANGKAT KERAS (Hardware).
Perangkat keras komputer adalah bagian-bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat Keras Komputer atau biasa disebut dengan hardware mempunyai empat komponen utama yakni input device, central processing unit (CPU), backing storage (storage devices) dan output devices. Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral yang terletak di sisi luar casing komputer. CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di dalam casing utama computer.

Komponen Perangkat Keras Komputer:

1.      Perangkat Keras Masukan (Input Device)

Input Device berfungsi sebagai media masukan data dari luar sistem ke dalam memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya:
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer yang berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. 
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

b. Mouse
Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan pointer atau kursor. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

c. Light Pen
Light Pen merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi sebagai memberikan input pada computer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layar sentuh. Dengan alat ini operator computer dapat memilih item atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layer. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

d. Layar Sentuh
Layar Sentuh merupakan layar monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat menyentuh langsung pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor.
Layar sentuh kurang bagus jika digunakan pada computer pribadi (personal computer) karena user harus sering-sering mengangkat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar sentuh tidak memiliki resolusi yang tinggi.

e. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras masukan yang berfungsi untuk memindah suatu obyek sehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik lain seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek diatas kaca scenner.

f. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

2. Perangkat Keras Pemroses

Perangkat keras pemroses adalah perangkat keras yang bertugas memproses masukan yang diterima oleh computer sehingga dihasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, perangkat keras pemroses dalam computer adalah CPU (Central Processing Unit).

a. Processor
Processor merupakan nama singkat dari microprocessor dan sering di sebut CPU (Central Processing Unit). Komponen ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran kecil persegi yang mengandung ratusan ribu bahkan sampai jutaan transistor dan komponen elektrik lainnya. Processor salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer, Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data. Contoh: Pentium 3. Pentium 4, Celleron, AMD dll.

b. Memory
Memory adalah tempat untuk menyimpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama) dan backing storage (penyimpan cadangan).

1. Main Memory
Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dan dapat berupa data atau program, diantaranya:
·         Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.
·         Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti pengeluaran.
·         Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari piranti sekunder.






2. Backing Storage
Backing Storage biasa disebut tempat penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam komputer, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya.

c. Motherboard
Motherboard biasa disebut sistem board, main board dan plannar. Komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang dapat dilepas, misalnya sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip ram. Ada beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang dikenal onboard.

Slot-slot motherboard memungkinkan pemakai melakukan ekspansi atau melakukan upgrade, istilah ekspansi merupakan meningkatkan kemampuan komputer dengan cara menambahkan komponen-komponen tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup pada sistem sebelumnya.

d. Power Supply
Power Supply berfungsi sebagai pemasok listrik dalam rangkaian komputer.Masukan komponen ini berupa arus listrik bolak-balik (AC) selanjutnya satu daya mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer. Satu daya dapat di hidupkan dan dimatikan melalui tombol On-Off yang terdapat di bagian depan casing komputer.

3. Perangkat Keras Keluaran (Output Device)

Output device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

a, Monitor
Monitor peripheral merupakan yang termasuk dalam softcopy. Ukuran monitor sama seperti ukuran televisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat. Untuk ukuran monitor desktop yang saat ini berukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21” untuk ukuran laptop yakni 12.1”, 13.3”, dan 14.1”
Untuk ukuran resolosi di tentukan jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layer. Misalnya resolosi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain jumlah piksel yang tersusun di monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolosinya maka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan monitor.

Berdasarkan pembuatannya monitor terbagi atas :

1.      Monitor CRT (Cathode Ray Tube), memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti tabung televisi hal ini membuat monitor CRT memiliki ukuran relative besar bila dibandingkan monitor LCD.
2.      Monitor Layar Datar (Flat Panel Display), Menurut jenisnya Layar datar terbagi atas : LCD, LED dan Plasma. Monitor Layar LCD memanfaatkan dua keeping bahan yang terpolarisasi dengan ditambah cairan krystal diantara kepingan tersebut. Sinyal listrik yang dilewatkan melalui melalui cairan kristal akan membuat kristal di dalamnya akan mencengat cahaya yang lewat.

b. Printer
Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat cetakan pada kertas, berdasarkan teknologi pencetakan printer dikelompokkan menjadi : Impact, Printer jenis ini sering disebut hammer, karena pencetakannya dilakukan dengan memukul sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin berkisar antara 9 hingga 24 pin, semakin banyak jumlah pin maka semakin halus tulisan yang dihasilkan.
Keunggulan printer ini terletak pada kemampuan mencetak dengan kertas rangkap yang tidak bisa dilakukkan printer lain, yang termasuk printer jenis ini diantaranya :

1.         Dot Matrix, (Printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan pin)
2.         Daisy Wheel, (Printer yang menggunakan roda berisi karakter-karakter)
3.         Line Printer, (Printer yang mencetak satu baris perwaktu)
4.        Thermal, Printer thermal merupakan pilihan terbaik bagi keluaran yang cetakan berwarna dengan kualitas tinggi. Cetakan berwarna printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin, dan panas akan membakar titik-titik pada kertas khusus tersebut sehingga hasil cetakannya pun bagus. Untuk cetakan hitam putih, printer thermal tidak memerlukan kertas khusus bisa dengan kertas biasa.
5.      Ink-Jet, Printer Ink-Jet adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprot titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan, printer ini bisa digunakan untuk cetak berwarna atau hitam putih, mencetak pada kertas biasa atau pad plastic untuk bahan presentasi.
6.        Laser, Printer Laser yang memberikan hasil yang terbagus, printer ini dirancang untuk komputer Mainframe karena memiliki kecepatan sekitar 229 hal per menit, sedangkan untuk komputer PC dengan kecepatan 4 sampai 25 hal per menit.
7.         Multifungsi, Printer multifungsi merupakan jenis printer yang memiliki berbagai fungsi, misalnya digunakan untuk : fotocopy, scanner, bahkan ada bisa untuk fax

B. PERANGKAT LUNAK (Software)
Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat maupun dokumen serta arsip lainnya.
Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya.
 Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

1. SISTEM OPERASI

a. Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah sistem penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar.
Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

b. Sejarah Sistem Operasi

Sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

Ø  Generasi Pertama (1945-1955).
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

Ø  Generasi Kedua (1955-1965).
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

Ø  Generasi Ketiga (1965-1980).
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi- programming (melayani banyak program sekali gus).

Ø  Generasi Keempat (Pasca 1980an).
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

c. Macam-Macam Sistem Operasi

Sistem Operasi jenisnya banyak sekali, kita tinggal memilih jenis apa yang akan digunakan di komputer kita. Mulai dari yang berlisensi sampai dengan yang gratis (open source), diantaranya adalah :

§  DOS.
§  Windows, beberapa versi windows: Windows 95, Windows 98, Windows 2000 Profesional, Windows 2003, Windows XP Windows Vista.
§  Linux, macam-macam distro linux : Redhat, Fodore, Core, Mandrake, Suse, Knoppix, Ubuntu/Edubuntu.
§  Apple System
§  Machintos

2. PERANGKAT LUNAK BAHASA (LANGUAGE SOFTWARE)

Perangkat Lunak Bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya.

3. PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita.
Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :
a. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung.

Contoh dari program aplikasi adalah :
Program penggajian karyawan (Payroll), Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut, Program kasir, program billing warnet/wartel.

b. Program Paket
Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
1.   Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.
2.   Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll.
3.   Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll.
4.   Program design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
5.   Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
6.   Program database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
7.   Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.
8.   Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,dll.

Bentuk Arsitektur Komputer

A.   Pengertian Arsitektur Komputer

Arsitektur dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan dekskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain kecepatan proses dan sistem interkoneksinya.

B.   Tingkatan dalam Arsitektur Komputer

Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.

1.      Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.

2.      Multilayered Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :




SOFTWARE LEVEL
Applications Layer
Higher Order Software Layer
Operating System Layer




HARDWARE LEVEL
Machine Layer
Microprogrammed Layer
Digital Logic Layer
Physical Device Layer

Keterangan :
·         Physical  Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting.
·         Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
·         Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki.
·         Machine Layer
Machine Layer adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi  bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.

3.      Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.

4.      Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.

5.      Applications Layer
Applications Layer adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

C.   Central Processing Unit (CPU)

CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut  microprocessor. Processor juga disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer. Processor berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard. Bagian terpenting dari processor terbagi 3 yaitu :

1)      Control Unit
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit  ke main memory lagi untuk disimpan.

Tugas dari control unit adalah :
1.   Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2.   Mengambil instruksi-instruksi dari main memory.
3.   Mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses.
4.   Mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika.
5.   Menyimpan hasil proses ke main memory.

2)      Arithmetic And Logic Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan  semua perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.

            Tugas  lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >, <+, >=.

3)      Register
Berfungsi sebagai penyimpanan internal bagi CPU.

D.   Unit Input
Input device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices yang umum digunakan personal computer (PC) adalah keyboard, mouse, joystick, touch pad, dan lain-lain. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.

Adapun penjelasan dari macam-macam input devices yaitu :

1.      Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol huruf, angka, dan simbol. Dalam bahasa Indonesia keyboard disebut juga papan tombol jari atau papan tuts. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.
2.      Mouse
Mouse adalah sebuah alat input komputer yang digerakkan oleh tangan, dan berfungsi mengubah gerakan menjadi instruksi/perintah. Dengan kata lain mouse ini berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Mouse pada umumnya memiliki 3 tombol, dimana 2 tombolnya disebut sebagai tombol utama (2 main buttons) yaitu tombol kanan dan kiri. Sedangkan 1 tombol lagi disebut sebagai scroll button (tombol roda) ini yang berfungsi untuk menggulung atau memindahkan tampilan dari atas ke bawah dengan cepat.
3.      Touch Pad
Unit masukan ini biasanya dapat kita temui pada laptop atau notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya Touch Pad digunakan sebagai pengganti mouse karena memang fungsinya sama dengan mouse, yaitu merubah gerakan menjadi perintah.

E.   Memori
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus dijaga dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah  computare storage, computare memory atau memory. Sebagian besar komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu:

1.      Physical Register di CPU
Berada di level teratas, informasi yang berada di register dapat diakses dalam satu clock cycle CPU.
2.      Primary Memory (executable memory)
Berada di level tengah, contohnya RAM. Primary Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu, secara relatif dapat diakses dengan cepat dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan). CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan store dalam beberapa clock cycle.
3.      Secondary Memory
Berada di level bawah, contohnya disk atau tape. Secondary Memory diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes), waktu aksesnya lamba, dan bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika komputer dimatikan).

F.    Unit Output
Output devices merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil proses dari peralatan proses komputer. Peralatan output akan menghasilkan informasi untuk manusia sehingga bisa dibaca, dilihat, didengar dan dipahami. Keluaran dapat berupa hard copy (ke kertas), soft copy (ke monitor), ataupun suara. Output hasil proses dari komputer digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu: huruf, gambar,  suara  dan  video.

Berikut adalah macam-macam peralatan output pada komputer dan fungsinya:
1.      Printer
Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas. Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu : printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.

2.      Monitor
Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.

3.      LCD Proyektor
LCD proyektor mempunyai fungsi sama dengan monitor, akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.

4.      Speaker
Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan output berupa suara.

G.  Komunikasi dan Jaringan Komputer

Dunia komputer kaya akan informasi. Setiap saat kita membutuhkan pemindahan informasi dari satu tempat ke tempat lain, karena itu pada dunia komputer dikenal dengan sistem komunikasi data. Data akan ditransmisikan dari suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan.

v  Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung  dalam satu kesatuan. Setiap komputer printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node. Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu:

Ø  Local Area Network (LAN)
Local Area Network merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.

Ø  Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.

Ø  Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network merupakan jaringan yang  jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, yang seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.

Ø  Internet
Internet merupakan kumpulan jaringan yang terkoneksi, karena orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung jaringan lainnya. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

Ø  Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.


Referensi



Kuis
Pertanyaan:

1.      Jelaskan pengertian perangkat keras!
2.      Sebutkan jenis-jenis perangkat lunak!
3.      Sebutkan 5 program aplikasi yang termasuk ke dalam Aplikasi Perkantoran!
4.      Jelaskan apa yang dimaksud Web Designer, Web Programmer, Administrator?
5.  Apakah anda sudah memahami tentang konsep Hardware, Software, Data, dan User? (berikan penilaian anda 1-100)!

Point Question: Sebutkan motivasi terbesar anda untuk kuliah dan apa yang anda ingin lakukan selama 3 tahun dalam masa perkuliahan sehingga anda dapat menjadi pribadi yang cerdas, intelektual tinggi , attitude yang baik, serta pergaulan yang luas!

Jawaban.

1.      Perangkat keras atau biasa disebut Hardware merupakan bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (Software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

2.      • Perangkat lunak aplikasi (Software Application).
• Perkakas pengembangan perangkat lunak (Software Development Tool).
• Sistem operasi (Operating System).
• Pengendali perangkat keras (Device Driver).
• Perangkat lunak menetap (Firmware).
• Perangkat lunak bebas (Free ‘Libre’ Software).
• Perangkat lunak sumber terbuka (Open Source Software).
• Perangkat lunak uji coba (Shareware/Trialware).
• Perangkat lunak gratis (Freeware).
• Perangkat lunak rusak (Malware).

3.      5 program aplikasi perkantoran:
1.      Kingsoft Office.
2.      IBM Lotus Symphony.
3.      CorelWord Perfect Office.
4.      Celframe Office.
5.      SSuite Office Software.

4.       Web Designer: Orang yang memiliki keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, menggunakan Web Browser atau Perangkat lunak Web-enabled lain.
 Web Programmer: Orang yang bertugas melakukan pengcodingan dan pemrograman sebuah Website.
 Administrator: Orang yag bertugas menguru hal-hal yang bersifat administratif, memiliki wewenang dan peranan yang besar dalam mengendalikan suatu jaringan komputer, baik lokal maupun internet.

5.      85

Point Question:
Motivasi terbesar saya untuk kuliah:
• Teruslah berjuang menuntut ilmu.
• Malas akan merugikan diri sendiri.
• Buktikan kepada mereka bahwa bisa lulus tepat waktu.

Dalam 3 tahun masa perkuliahan saya ingin mencoba bekerja keras dalam belajar, dan ingin mengikuti kegiatan mahasiswa agar saya tahu bagaimana cara untuk bisa melakukan kegiatan tersebut dan tahu bagaimana cara bergaul dengan orang-orang yang berbeda pandangan.

1 komentar:

  1. Silver Necklace (Titanium Ring)
    Diamond Necklace (Titanium infiniti pro rainbow titanium flat iron Ring) titanium knife by ford focus titanium Titsanium Rocksmiths. This piece is power supply titanium handmade by talented jewelry lover, Titanium Rocksmiths, and is handmade titanium engagement rings by

    BalasHapus

Hubungan Industrial Pancasila

NAMA                        : ANISA DEWI S (30217785) KELAS                       : 3DD02 MATA KULIAH         : HUBUNGAN INDUSTRIAL PAN...